Rabu, 08 Juni 2011

Bahaya Membunyikan Leher

Sudah menjadi kebiasaan yang kadang aneh bagi penggemar pijit, atau bisa juga bagi anda yang menggemari bunyi-bunyi yang ditimbulkan pada tubuh anda .
Memang rasanya setelah membunyikan leher, leher terasa plong. .

Tapi tahukah kalau membunyikan leher itu berbahaya ?

Sebuah Gerakan yang pas akan menimbulkan bunyi pada tulang akibat pelepasan gas yang berada pada membran synovial yang menyelubungi persendian. Dengan lepasnya gas itu akan meredakan rasa kaku dan pegal-pegal pada leher. Walaupun berkurang tetapi akan kembali lagi, makanya biasanya membunyikan leher tidak hanya sekali, sampai kita puas


Pakar kebugaran dari New York, Henry S Lodge, MD mengatakan kebiasaan membunyikan  leher lebih berbahaya daripada bagian lain karena bisa meningkatkan risiko stroke.

“Pada beberapa perempuan, membunyikan leher dengan gerakan khas dilaporkan bisa meningkatkan risiko stroke. Diduga karena hal ini memicu kerusakan arteri atau pembuluh nadi, ” ungkap Lodge seperti dikutip dari MSN Health.

Untuk menghilangkan pegal hendaknya dapat melakukan aktivitas yang lebih baik, bukan dengan membunyikan leher.


Kalau sudah terbiasa sehingga sulit dihilangkan, cobalah melakukannnya dengan cara halus jangan kasar atau sampai menekuk dan menggentak. Karena jika terlalu keras dan dipaksakan dapat memicu arthritis atau radang sendi.

0 komentar:

Posting Komentar