Selasa, 22 Februari 2011

Beasiswa Doktoral Fullbright

Pemerintah Amerika Serikat (AS), melalui lembaga American Indonesian Exchange Foundation (Aminef), kembali membuka peluang beasiswa untuk menempuh jenjang doktoral (Ph.D) melalui program beasiswa Fullbright.

Kesempatan ini dibuka bagi mereka yang bekerja atau berencana bekerja di perguruan tinggi, serta belum pernah mendapat beasiswa Fullbright. Para penerima beasiswa akan mendapat dana pendidikan selama tiga tahun.

Para pelamar harus memiliki gelar master dengan nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3,00 skala 4, serta memiliki nilai TOEFL minimal 575 atau IELTS minimal 6.5.

Program beasiswa ini terbuka untuk semua bidang studi. Dulunya, beasiswa Fullbright terbatas untuk bidang studi Ilmu Sosial dan Humaniora. Sejak 2004, kebijakan tersebut berubah dengan mengikutsertakan bidang studi lainnya, kecuali bidang studi yang terkait pada penanganan pasien dan pelatihan medis atau bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan pada sekolah medis.

Peminat yang ingin melamar harus mengisi formulir pendaftaran yang bisa diambil di kantor Aminef, Gedung Balai Pustaka, 6th floor, Jalan Gunung Sahari Raya 4, Jakarta 10720 atau memintanya via email.

Selain formulir pendaftaran, berkas lamaran berisi fotokopi sertifikat TOEFL terakhir (maksimal dua tahun), satu surat rekomendasi dari atasan di tempat bekerja atau dosen pembimbing, fotokopi transkrip akademik, dan fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) atau paspor.

Pertanyaan seputar program ini bisa dialamatkan ke infofulbright_ind@aminef.or.id. Perlu diingat, lamaran via email tidak akan diterima. Berkas lamaran harus dikirimkan atau diantar langsung ke kantor Aminef paling lambat 15 April 2011.

Jika berminat, info lebih lengkap bisa dilihat di laman http://www.aminef.or.id/fulbright.php





okezone

0 komentar:

Posting Komentar